Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN TATA USAHA NEGARA BANDA ACEH

Jln. Ir. Mohd. Thaher No.25 Lueng Bata-Banda Aceh

Posbakum

SIPP web link

Peresmian e-SKUM, SIPERNIK dan SIMAP pada PTUN Banda Aceh

Banda Aceh, Senin 4 Desember 2017, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Banda Aceh Bapak Yusri Arbi, S.H.,M.H. meresmikan 3 Inovasi terbaru di PTUN Banda Aceh, Inovasi tersebut adalah e-SKUM (elektronik Surat Kuasa Untuk Membayar), SIPERNIK (Sistem Persuratan Elektronik) dan SIMAP (Sistem Informasi Arsip Perkantoran).

Aplikasi e-Skum (elektronik Surat Kuasa Untuk Membayar) merupakan hasil Inovasi yang dilakukan oleh Pengadilan Negeri Pekan Baru dan merupakan salah satu dari 3 (tiga) Inovasi terbaik pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Peradilan 2015. Berdasarkan arahan dari Pimpinan MA, Inovasi e-SKUM agar direplikasi ke pengadilan-pengadilan lain. Pengadilan Tata Usaha Negara Banda Aceh mendapat kesempatan untuk mereplikasi kembali e-SKUM pada 100 Pengadilan Percontohan Tahap II setelah sebelumnya dilaksanakan Replikasi terhadap e-SKUM dan ATR Tahap I pada 15 Pengadilan Percontohan.

Aplikasi SIMAP (Sistem Informasi Manajemen Arsip Perkantoran) merupakan terobosan Proyek Perubahan dari Kasub Umum dan Keuangan Pengadilalan Tata Usaha Negara Banda Aceh Ibu Maryana S.H., yang mengikuti Diklat PIM IV. Aplikasi SIMAP merupakan aplikasi untuk mencatat arsip dan tempat penyimpanannya sehingga memudahkan untuk mencari kembali arsip yang dibutuhkan.

Aplikasi SIPERNIK (Sistem Persuratan Elektronik) merupakan Proyek Perubahan dari Kasub Perencanaan, TI dan Pelaporan Pengadilan Tata Usaha Negara Banda Aceh, Bapak T. Edi Johan, S.Kom., yang juga mengikuti Diklat PIM IV. Aplikasi SiPERNIK merupakan Aplikasi untuk mencatat surat masuk dan surat keluar, dan mendisposisikan surat tersebut sesuai dengan kewenangan.

Bapak Ketua dalam kata sambutannya berpesan, supaya inovasi yang telah kita ciptakan ini dipergunakan untuk seterusnya, dan aplikasi ini diharapkan dapat membantu kita dalam memberikan Pelayanan yang Prima bagi Para Pencari Keadilan.

 Dokumentasinya: