Perkembangan Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas pada PTUN Banda Aceh

Zona Integritas

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Tata Usaha Negara Banda Aceh dilakukan bersama-sama dan dilaksanakan secara terbuka dipublikasikan secara luas dengan maksud agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta di dalam pembangunan Zona Integritas khususnya dibidang pencegahan bidang korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Proses pembangunan Zona Integritas merupakan tindak lanjut yang di fokuskan pada 6 area :

  1. Area I Manajemen perubahan
  2. Area II Penataan tatalaksana
  3. Area III Penataan manajemen SDM
  4. Area IV Penguatan akuntabilitas kinerja
  5. Area V Penguatan pengawasan
  6. Area VI Peningkatan kualitas pelayanan publik

diharapkan dapat menghasilkan sasaran aparatur Pengadilan Tata Usaha Negara Banda Aceh yang bersih dan bebas KKN serta peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dibawah kepimimpinan Bapak H. Husban, S.H.,M.H. dan dukungan dari seluruh aparatur Pengadilan Tata Usaha Negara Banda Aceh, Pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Tata Usaha Negara Banda Aceh terus ditingkatkan dengan membuat beberapa perubahan seperti memperjelas area steril, menyediakan ruang kesehatan, ruang laktasi, Toilet Difabel, dan Fasilitas Publik Lainnya. Sosialisasi pembangunan Zona Integritas bagi eksternal maupun internal dilaksanakan dalam bentuk :

  • Membuat banner/spanduk/himbauan/brosur
  • Melalui website
  • Melalui media Sosial
  • Melalui media elektronik

Hal ini bertujuan agar pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM pada Pengadilan Tata Usaha Negara Banda Aceh didengar dan dipahami oleh eksternal maupun internal. Untuk sosialisasi internal dilaksanakan melalui pengarahan saat coffee morning, rapat secara periodik dan pemasangan banner dilingkungan kerja.

Adapun perubahan yang telah dilakukan dapat dilihat pada gambar dibawah ini :